Image"Proyek Air Kebaikan: Menyegarkan Hidup Melalu...
Image

"Proyek Air Kebaikan: Menyegarkan Hidup Melalui Tangki dan Toran"

Image
Boyolali, Jawa Tengah
Rp 50.764 terkumpul dari Rp 28.000.000
1 Donasi sudah berakhir

Penggalang Dana

Image
Image
Verified Organization

Keterangan

Musim kemarau yang panjang ditambah fenomena El Niño, menjadi tantangan berat, khususnya bagi daerah yang pasokan airnya sedikit.

Di Indonesia sendiri BMKG sudah memprediksi beberapa wilayah yang akan terdampak El Niño.

Ketika tim Alkhair menuju Dusun Losari, Boyolali, Jawa Tengah. Kami bertemu Bu Muntiasih (40), seorang warga yang membuka jendela pada realitas musim kemarau yang tak seperti dua tahun sebelumnya. Musim kemarau kali ini datang lebih panjang dan lebih menantang. 

Salah satu tantangannya karena dua RT harus berbagi sumur (sumber mata air) yang sama. Dengan total 90 rumah tangga, 50 di antaranya berada di RT pertama, dan 40 rumah tangga lainnya di RT kedua. Ketika sumur terdekat mengering, penduduk harus berjalan sejauh 1 kilometer untuk mencari sumur lain, melewati lahan pertanian yang tidak dapat dilalui oleh kendaraan bermotor. Ketika sumur kedua juga merangkak kering, warga harus mencari di tempat lain, bahkan harus meminta pada tetangga atau warga desa lain yang masih memiliki akses air.

Karena di dusun ini Pasokan Air Minum (PAM) belum masuk. Mereka terpaksa mengandalkan dua sumber air, sambil berharap bantuan dari pemerintah (kecamatan), komunitas, lembaga, serta komunitas mahasiswa sekitar. Kurang lebih bantuan yang masuk sekitar 5000 hingga 6000 Liter. Sumbangan air ini biasanya habis dalam 3 hari saja. Sebab, penyimpanan yang di punyai warga hanya sebatas terpal. 

Selain itu, musim kemarau ini telah melukai mata pencaharian penduduk. Mayoritas dari mereka adalah petani yang sangat bergantung pada air, terutama hujan, untuk pertanian mereka. Kini, pasokan air sangat terbatas. Curah hujan juga rendah. Banyak pria akhirnya memilih merantau ke Jakarta untuk mencari nafkah, sementara para ibu dan anak-anak berjuang di rumah.

Tidak hanya itu, kesehatan warga ikut terdampak. Selain orang dewasa dan lansia, anak-anak juga menderita akibat kondisi ekstrem: siang yang terik menyebabkan batuk karena debu, dan malam yang dingin menyebabkan rentan terkena demam.

Dalam situasi ini, setiap tetes sumbangan Anda membawa harapan baru. Kami memohon dukungan Anda untuk meringankan beban mereka, membangun akses air bersih, dan memberi perlindungan kesehatan yang layak bagi mereka yang membutuhkannya.

Klik tombol “DONASI SEKARANG!” untuk melihat rekening Donasi.

  1. Klik DONASI SEKARANG
  2. Masukkan nominal donasi
  3. Pilih metode pembayaran (GO-PAY/Ovo/ShopeePay/LinkAja/BCA/BRI/Mandiri/BNI/BSI)
  4. Ikuti instruksi untuk menyelesaikan pembayaran

Kabar Terbaru

Donatur (1)

Hamba Allah8 bulan yang lalu
Berdonasi sebesar Rp 50.764

Fundraiser

Belum ada Fundraiser

Mari jadi Fundraiser dan berikan manfaat bagi program ini.

Doa-doa orang baik

Menanti doa-doa orang baik

Bagikan melalui:
✕ Close